Senin, 05 Oktober 2015

Deteksi Dini Potensi Kebakaran Dengan Fire Control System



Telah terjadi kebakaran pada sebuah pabrik pengolahan oli di Dadap, Kosambi Tangerang. Pada peristiwa tersebut, telah memakan korban jiwa 1 orang karyawan pabrik, mengalami luka bakar yang cukup serius.

Kebakaran bermula dari sebuah pabrik pengolahan oli lalu selanjutnya menjalar ke gudang yang berada di sekitar pabrik pengolahan oli tersebut.

Penyebap kebakaran sendiri masih belum diketahui sampai saat ini, sedangkan kerugian materi dari terbakarnya pabrik tersebut belum dapat diperkirakan.

Disamping berita tentang kebakaran diatas, yang perlu dicermati adalah masalah system keamanan  yang terdapat pada pabrik tersebut, mungkin telah terjadi masalah pada system keamanan pabrik tersebut.

Seharusnya sebuah pabrik memiliki system keamanan (systemsafety) terhadap indikasi kebakaran, karna dapat dipastikan jika terjadi kebakaran banyak sekali kerugian yang di terima. Selain kerugian materi dampak lainya adalah adanya korban jiwa.

Pentingnya Control System untuk keamanan gedung. 

Untuk mencegah/ setidaknya mengurangi dampak akibat kebakaran, bangunan pabrik dapat dilengkapi dengan system pemantauan & kendali (Monitoring& control system) yang memiliki fungsi, jika terdapat asap atau indikasi kebakaran.

Pada sistem alarm bahaya kebakaran, apabila detektor asap dan panas yang berlebih ini memberikan sinyal yang akan diterima oleh panel induk pada ruang pengendali, dan seketika panel pengendali akan memberikan peringatan berupa lampu nyala tertentu disertai dengan bunyi sirine atau alarm, dan secara otomatis akan menyalakan sprinkle yang akan menyemprotkan air di ruangan yang timpul asap atau panas yang berlebihan.

Tentunya dengan peringatan dini ini penghuni dan petugas pengaman bangunan gedung akan segera melakukan upaya pemadaman kebakaran dengan peralatan pemadam kebaran yang sudah terintegrasi dengan bangunan gedung pada lokasi timbulnya api.



Sumber Foto: www.detik.com

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com

Posting Komentar